Penelitian Konsumen adalah Penelitian terhadap nilai suatu berbagai tingkatan konsumen.

Pentingnyaimages Penelitian Konsumen adalah

  1. Membantu mereka untuk mengetahui  keinginan, kebutuhan sekaligus dengan kepuasan konsumen.
  2. Implikasi yang banyak disarankan untuk menjadikan pemasaran berhasil adalah kenalilah konsumen anda, berilah apa yang mereka inginkan, gunakan media yang menjadi sasaran dan media baru, gunakan non-media, capailah konsumen di toko, tajamkan promosi, bekerja sama dengan pengecer

Penelitian Kualitatif 

Informasi riset kualitatif dalam bidang pemasaran dapat digunakan, misalnya :

  1. Menjernihkan isu sebelum penelitian kuantitatif
  2. Mengidentifikasi pengembangan produk baru
  3. Meninjau persepsi konsumen atas produk atau pesaing
  4. Menganlisis perilaku konsumen
  5. Menyelidiki bagaimana keputusan membeli dilakukan
  6. Menyelidiki alasan mengapa satu merek dipilih

Penelitian Kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan data yang berbentuk kalimat, kata atau gambar atau data yg bukan dalam bentuk skala rasio, ttp dlm bentuk skala yg lbh rendah yaitu : Skala Ordinal dan atau Nominal

Model yang dipakai :

  1. Pendekatan Secara Langsung (Direct Approach)Adalah pendekatan yang dipakai dengan menjelaskan secara jelas tujuan penelitian kepada responden.
    Terdiri dari 2, yaitu :
    a.   Focus Group
    Adalah wawancara yang dipandu oleh seorang moderator dalam jumlah kecil, dalam    bentuk yang tidak teratur dan semaksimal mungkin dilakukan secara alami
    Yang akan dianalisis disini adalah :

•        Konsisten respon

•        Ide-ide baru

•        Tanggapan langsung, baik dari ekspresi maupun bahasa tubuh

Karakteristik :

  • Jumlah         : 8 – 12 orang
  • Komposisi peserta : homogen (demografi atau sosial ekonomi), pst sudah mengetahui objek yg akan dibicarakan
  • Pengaturan tempat : santai, informal shg ada komentar spontan
  • Waktu pelaksanaan : 1 – 3 jam
  • Recording : direkam, tujuannya  untuk menganalisis gerakan tubuh responden
  • Observasi : Moderator hrs memiliki kemampuan mengobservasi, komunikasi dan menyenangkan

b.   Wawancara

Adalah kegiatan mencari informasi yang dilakukan langsung terhadap responden dengan menggunakan teknik Probing, yaitu tanya jawab yang bertujuan untuk mengetahui hal-hal yg tersembunyi dari responden. Spt : motivasi, kepercayaan, perilaku, perasaan mengenai suatu topik tertentu.

3 macam teknik wawancara :

*.  Laddering, adalah proses bertanya yang berubah dari “product characteristic” ke “user characteristic” atau pendapat menurut kacamata konsumen

*.  Pertanyaan mengenai isu tersembunyi, adalah pertanyaan yg lbh banyak melibatkan pendapat pribadi

*.   Analyses Simbolik, adalah pertanyaan yang memancing emosi responden dengan menghadapkan hal-hal yang bertentangan

2.   Pendekatan Tidak Langsung (Indirect Approach)

  • Adalah pendekatan yg dipakai dengan tidak menyebutkan secara jelas tujuan penelitian kepada responden.
  • Teknik yang dipakai disebut Projective Techniques. Salah satu cara yg paling populer adalah dengan menggunakan teknik asosiasi. Responden diberi stimulus dan diminta memberi respon langsung pada saat jawaban tersebut muncul dipikirannya. Caranya responden diberi daftar kata dan diminta memberikan respon seketika

Penelitian Kuantitatif

  • Adalah penelitian yang lebih berdasarkan pada data yang dapat dihitung untuk menghasilkan suatu penaksiran.
  • Rencana penelitian mencakup :

1. Permasalahan

2. Tujuan penelitian

3. Kerangka pemikiran termasuk penggunaan konsep dan operasionalisasinya

Data Kuantitatif dikelompokkan menjadi dua :

  1. Data Diskrit / NominalYaitu data yang diperoleh dari hasil menghitung, bukan hasil mengukur. Data   nominal biasanya diperoleh dari penelitian yg bersifat eksploratif atau survei
  1. Data KontinumYaitu data yg diperoleh dari hasil pengukuran. Dikelompokkan menjadi :

a. Skala Rasio

yaitu data yg jaraknya sama dan mempunyai nilai nol absolut. Skala rasio mencerminkan jumlah-jumlah yg sebenarnya dari suatu variabel

b. Skala Ordinal

yaitu skala yg bertujuan untuk membedakan antara kategori-kategori dlm satu variabel dg asumsi ada urutan atau tingkatan skala

c. Skala Interval

yaitu skala suatu variabel yg selain dibedakan dan mempunyai tingkatan, jg diasumsikan mempunyai jarak yg pasti antara satu kategori dg kategori lainnya dlm satu variabel. Contoh : variabel umur

Macam-macam Penelitian Konsumen

Penelitian Eksplorasi, Metode :

1. Metode Sugesti Konsumen (Consumer Suggestion)

2. Metode Memusatkan atau Memfokuskan Konsumen

Penelitian Tentang Kesimpulan Konsumen, untuk mengetahui :

1. Produk, merek dan pelayanan

2. Menentukan dan mengidentifikasikan apa yg mempengaruhi konsumen

Pendekatan Penelitian Konsumen

  1. Pendekatan Penelitian Cross-SectionalPendekatan ini dimaksudkan untuk meneliti aspek-aspek perilaku konsumen yg menggunakan waktu secara relatif singkat atau sesaat.
  1. Pendekatan Penelitian LongitudinalPendekatan ini dimaksudkan untuk meneliti aspek-aspek perilaku konsumen yg terjadi dlm beberapa periode waktu tertentu (relatif lama).

Prosedur Penelitian Konsumen

  1. Mendefinisikan dan merumuskan masalah
  2. Melakukan riset kepustakaan
  3. Memformulasikan hipotesis
  4. Menentukan model
  5. Mengumpulkan data
  6. Mengolah dan menyajikan informasi
  7. Menganalisis dan menginterpretasi
  8. Membuat generalisasi dan kesimpulan
  9. Membuat Laporan

Metode Pengumpulan Informasi Konsumen

Metode Observasi

mengamati kebiasaan konsumen

Metode Eksperimen

1. Eksperimen Laboratorium

2. Eksperimen Lapangan

Metode Survei

1. Wawancara Pribadi

2. Survei melalui telepon

3. Survei melalui surat

Data Primer dan Data Sekunder

Data Primer,

Merupakan data yg didapat dari sumber pertama baik dari individu atau perusahaan

Data Sekunder

Adalah data primer yg telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik, oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain.

Data Sekunder

Keuntungan :

1. Adanya penghematan dalam biaya dan waktu

2. Data dapat diperoleh diluar kemampuan peneliti

Kelemahan :

1. Jarang sekali dapat memenuhi tujuan proyek penelitian, krn :

2. Data dikumpulkan untuk tujuan yg berbeda dg tujuan penelitian yg sedang digunakan

3. Selalu ketinggalan jaman

Jenis Sumber Data Sekunder

Sumber Internal

Merupakan data yg didapat dari dalam perusahaan atau organisasi

misal : laporan departemen, lap. Produksi, lap. Keuangan, lap. Pemasaran dll

Sumber Eksternal

merupakan sumber/data yg diperoleh dari luar organisasi.

Misal : data yg sudah dipublikasikan, ensiklopedi, jurnal, majalah dll

Cara Pengumpulan Data

Sensus

Mencatat seluruh elemen/populasi

Sampling

Mencatat sebagian kecil dari populasi, sehingga dapat diperoleh nilai karakteristik perkiraan. Hal ini dilakukan karena adanya kendala spt :

– populasi yg tak terdefinisikan

– keterbatasan biaya, waktu, dan tenaga

– masalah heterogenitas/homogenitas

Teknik Pengambilan Sampel

Pengambilan sampel Probabilitas/Acak

adalah suatu metode pemilihan ukuran sampel dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel.

Cara pengambilan sample :

1. Cara undian

2. Cara tabel bilangan random

3. Cara sistematis/ordinal

4. Cara stratifikasi

5. Cara cluster

Pengambilan sampel non Probabilitas

Yaitu pengambilan sampel dengan cara  semua elemen populasi belum tentu memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel karena misalnya ada bagian tertentu yang secara sengaja tidak dimasukkan dalam pemilihan untuk mewakili populasi.

3 cara yang bisa dilakukan :

1. Cara keputusan (Judgment sampling)

2. Cara kuota (Quota sampling)

3. Cara gampangan (convenience sampling)

Teknik-teknik Pengujian Hipotesis

Pengujian Hipotesis Satu Variabel

terdiri dari :

1.               Uji rata-rata sampel (n >= 30)

2.               Pengujian varian dua variabel yang  berbeda

3.               Pengujian perbedaan diantara dua rata-rata untuk sampel berpasangan

4.               Pengujian perbedaan diantara rata-rata dua kelompok yang berbeda

5.               Pengujian proporsi, yg digunakan untuk menguji perbedaan dua proporsi dari dua populasi yang independen, tidak saling tergantung

Pengujian Hipotesis Lebih dari Satu Variabel dari Rata-rata

dilakukan terhdp kelompok data yg berbeda yg disebebkan oleh lebih dari satu variabel